MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Selasa, 09 Desember 2014

Sosialisasi Kepatuhan Internal

Gorontalo – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo menyelenggarakan sosialisasi Kepatuhan Internal pada 4 Desember 2014 yang bertempat di Aula KPKNL Gorontalo. Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Gorontali ini disampaikan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Muluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) Yotam Ingratubun beserta staf Setyo Widodo.
Yotam menjelaskan tentang Internalisasi Pengelolaan Kinerja di lingkungan Kementerian Keuangan diantaranya mengenai komponen peta strategi yang terdiri dari perspektif yaitu cara pandang yang digunakan dalam Balanced Score Card (BSC) untuk mengelola kinerja organisasi, sasaran strategis (SS) yaitu pernyataan yang ingin dicapai, ingin dilakukan atau seharusnya dimiliki serta indikator kinerja utama (IKU) sebagai tolak ukur keberhasilan pencapaian strategis. Selain itu dijelaskan juga mengenai Konsep Tiga Lini Pertahanan yang terdiri dari seluruh pegawai (Pejabat dan Pelaksana) sebagai lini pertahanan pertama, fungsi pemantauan (UKI) sebagai lini pertahanan kedua dan fungsi auditor internal (Itjen) sebagai lini pertanahan ketiga.
Dalam hal Implementasi Pengendalian Intern di lingkungan DJKN, Yotam menjelaskan tentang tujuan pemantauan pengendalian intern, strategi program reformasi birokrasi serta latar belakang pembentukan unit kerja kepatuhan internal. “Kita harus menjadi orang yang membuat sesuatu terjadi” pesan Yotam terkait pengelompokkan sikap terhadap program reformasi birokrasi. Dalam penyampaian materi, sesekali Yotam berbagi pengalamannya selama menjadi Kepala Seksi Kepatuhan Internal di Kanwil DJKN Suluttenggomalut.
Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto juga memberikan arahan. Dalam arahannya Catur menyampaikan bahwa materi sosialisai ini sangat penting sebagai  sebagai landasan setiap pegawai untuk bersikap, bertindak dan bekerja. Perubahan kearah yang lebih baik sudah menjadi keharusan bagi setiap komponen yang ada. “Tidak ada lagi jalan untuk mundur” ujar Catur. Perlu adanya peningkatan kompetensi pegawai yang tinggi untuk pencapaian kinerja yang optimal.

Acara ditutup dengan foto bersama serta penyerahan piala dalam rangka Pekan Olahraga (POR) Sewindu DJKN tingkat Kanwil DJKN Suluttenggomalut yang dilaksanakan di Manado beberapa waktu lalu. Dalam POR tersebut KPKNL Gorontalo meraih gelar Juara 1 Futsal dan Juara 1 Badminton sehingga berhak menyabet predikat sebagai Juara Umum. (Foto dan Teks : R. Mohamad Syahril. S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar