MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Minggu, 28 Desember 2014

TAHUN BARU MINDSET BARU

Gorontalo - Kesibukan di Tahun 2014 akan segera berakhir dan saatnya menyongsong Tahun baru 2015. Di tahun 2015 banyak tantangan yang harus dihadapi, pegawai harus mempunyai mimpi-mimpi dan harapan yang ditargetkan selesai ditahun 2015. Dengan mimpi-mimpi dan harapan yang dimiliki, semua pegawai akan lebih  semangat dan termotivasi dalam bekerja. KPKNL Gorontalo menyambut tahun baru 2015 mengadakan personality enhancement dengan tema “Tahun Baru Mindset Baru“ yang dibawakan Iwan Pramana dari PT. Insan Mandiri Cendikia. Bertempat di Aula KPKNL Gorontalo Kamis ( 18/12). Kegiatan ini diikuti  oleh pegawai dan peserta praktek kerja lapangan di KPKNL Gorontalo.
Iwan Pramana menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yang telah dilaksanakan. Mimpi kita di tahun 2014 yang belum tercapai harus ditargetkan kembali di tahun 2015. Dengan  mimpi dan harapan-harapan yang ada maka pegawai akan fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Usaha - usaha apa yang belum dilakukan dan yang telah dilakukan untuk mencapai harapan atau mimpinya. Apabila telah melakukan berbagai upaya namun belum tercapai, mungkin cara, pola ataumindset perlu dirubah dengan cara yang baru agar lebih berhasil.
Awal pelatihan semua peserta diharuskan membuat rencana, mimpi atau harapan di tahun 2015 minimal 3 mimpi atau harapan dan masing-masing peserta menyampaikan di depan kelas. Rencana, mimpi atau harapan apa yang dapat dicapai dalam waktu dekat dan dalam jangka panjang. Ada peserta yang menyampaikan rencana ingin menikah, punya anak, naik haji, melanjutkan studi, wisuda, pindah kerja (mutasi) dan lain sebagainya.
Selanjutnya masing-masing peserta menceritakan pekerjaan yang sulit dan akhirnya bisa dilewati. Ada mahasiswa magang menceritakan masa sulitnya saat tugas menumpuk dan dilewati dengan santai, tugas dikerjakan sambil mendengarkan musik atau sambil nonton televisi. Peserta lain menceritakan kerja sambil kuliah dan mengerjakan tugas akhir. Semua dapat dilewati dengan cara membagi waktu pagi sampai sore kerja dan malam mengerjakan tugas akhir sampai subuh. Dan berbagai macam cerita yang diceritakan oleh peserta. Dari semua cerita yang ada dapat menjadi motivasi untuk peserta lainnya, bahwa semua dapat dilewati dengan caranya masing-masing.
Acara pelatihan dilanjutkan di luar ruangan dimana peserta diharuskan memfoto ruangan kerja masing-masing. Hasil foto ruangan diperlihatkan kepada peserta lain, terhadap ruangan yang telah difoto dimintai pendapatnya. Ruangan kerja yang ada saat ini agar dapat memberikan inpirasi, motivasi dan semangat bekerja di tahun 2015, apa yang akan dilakukan untuk menata ruang kerja. Peserta perempuan akan menambah bunga biar suasananya sejuk, peserta laki-laki akan menambah home teater, berkaraoke bersama agar bisa menghilangkan stres.
Pelatihan selanjutnya semua peserta berkelompok berdiskusi menbuat rencana apa yang dilakukan jika menjadi kepala KPKNL. Semua rencana ditulis dalam kertas besar dan perwakilan dari masing-masing kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya masing-masing. Ada yang ingin perubahan setiap jumat diadakan senam pagi/olahraga, setiap bulan rekreasi keluarga besar KPKNL, setiap minggunya ada karaoke day, dan bermacam-macam keinginan.
Pada pelatihan kali ini diharapkan semua peserta dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya selalu meningkatkan diri, memiliki kemauan untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri, mengetahui pentingnya faktor-faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan karir di masa depan. Peserta juga memahami enam kecerdasan baru di era global yaitu: design, story, symphony, empathy, play dan meaning serta dapat menerapkannya di dalam kehidupan. Sehingga kesuksesan dan pekerjaan yang dijalani menjadi lebih baikAcara pelatihan ditutup dengan foto bersama. (Teks. Yulianto Foto. Yulianto, Ramang Djamaludin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar