MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Senin, 01 September 2014

IHT KPKNL GORONTALO (Pengembangan Diri dan Motivasi Pelayanan)

Gorontalo - Kamis 28 Agustus 2014, di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo diadakan In House Training (IHT) oleh Kantor Pusat DJKN yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Gorontalo. Acara yang mengambil tema “Pengembangan Diri dan Motivasi Pelayanan” ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill serta memotivasi pegawai KPKNL Gorontalo agar lebih meningkatkan pelayanan kepada stakeholder. 

 Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto sekaligus mengumumkan Pegawai Teladan KPKNL Gorontalo bulan ini (employee of the month). Akhmad Taupikur Rahman pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara terpilih menggantikan Arifin pelaksana pada Subbag Umum sebagai employee of the month bulan sebelumnya. Catur menegaskan dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pegawai lain untuk lebih meningkatkan kinerja dan kemampuannya, sehingga tercipta persaingan positif yang tentunya akan berimbas positif juga terhadap KPKNL Gorontalo, hal ini telah dibuktikan dengan bergantinya pegawai yang menjadi employee of the month di bulan sebelumnya. Catur menambahkan bahwa penghargaan ini akan dimasukkan kedalam dosir pegawai yang bersangkutan serta data SIMPEG pegawai, hingga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan mutasi dan pengembangan karir pegawai tersebut oleh pimpinan. Pemberian sertifikat penghargaan “employee of the month” KPKNL Gorontalo diserahkan langsung oleh Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai dan Kepemimpinan DJKN Sunu Subroto. Selanjutnya Sunu memberikan ucapan selamat yang diikuti seluruh pegawai KPKNL Gorontalo.

 Acara dilanjutkan dengan materi IHT oleh Totok Soeprijanto Widyaiswara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BPPK. Dalam materinya Totok menyampaikan bahwa hal yang utama dalam Reformasi Birokrasi adalah “Change” (berubah). Berubah merupakan suatu keharusan untuk mengimbangi perubahan jaman dan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi. “Kita harus keluar dari zona nyaman yang dirasakan selama ini” ujar Totok, untuk itu materi yang diberikan antara lain : Adaption of Change, Team Work dan Komunikasi. Selain menerima teori dari pemateri para peserta IHT juga diberikan games yang melatih kreativitas dan kerjasama pegawai. Walaupun seharian penuh mengikuti IHT, tidak terlihat rasa jenuh dari wajah para pegawai dikarenakan materi dan games yang diberikan sangat menarik. 


Acara terakhir penyampaian materi oleh Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai dan Kepemimpinan DJKN Sunu Subroto mengenai Penataan Pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Lebih lanjut Sunu menjelaskan tentang pengelolaan kinerja dan kebijakan pola mutasi pegawai di DJKN. Dijelaskan bahwa penataan pegawai bertujuan untuk mewujudkan kesesuaian antara jumlah, komposisi serta kompetensi pegawai dengan kebutuhan organisasi untuk mengoptimalkan kinerja organisasi. Disampaikan pula data-data mengenai sebaran pegawai DJKN berdasarkan home base serta kebutuhan pegawai di lokasi tersebut. Acara ditutup dengan tanya jawab. (Teks: R. Mohamad Syahril, Foto : Kurniawan Catur Andrianto, R. Mohamad Syahril & Gidion Aritonang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar