MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Rabu, 10 September 2014

MAKE IT HAPPEN (Motivation and Leadership Training)

Gorontalo - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo bekerjasama dengan PT. Insan Mandiri Cendekia (Quick Start) melaksanakan kegiatan pelatihan Motivation and Leadership Training, 5-6 September 2014 di Aula KPKNL Gorontalo. Acara bertema “Make it happen, Shock Everyone” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seluruh pegawai dibidang motivasi diri dan kepemimpinan. PT. Insan Mandiri Cendekia adalah lembaga pelatihan yang telah berpengalaman memberikan pelatihan di berbagai instansi maupun perusahaan seperti Pertamina Hulu Energi, Adaro Group, Total E&P Indonesia, Indonesia Power, ABB, Bank Mandiri, BRI, Bank Syariah Mandiri, BI, Bank Danamon dan Bank ICBC. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto. Dalam sambutannya Catur menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan yang baik dalam peningkatan pengetahuan, kemampuan dan pengembangan diri masing-masing pegawai untuk menunjang kinerja dan pelayanan di KPKNL Gorontalo sekaligus berpesan agar pelatihan ini diikuti dengan sebaik-baiknya. 
Dilanjutkan dengan materi pelatihan dibawakan oleh Iwan Pramana yang merupakan Quick Start Consulting (Leadership, Self Development and Values) PT. Insan Mandiri Cendekia. Hari pertama pelatihan membahas materi mengenai Kepemimpinan (Leadership). Di awal materi Iwan menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah : 1. Memberikan bekal dasar sebagai seorang pemimpin; 2. Tahu, paham dan dapat menjalankan perannya masing-masing sebagai seorang pemimpin; 3. Mempunyai semangat bekerja yang selaras dengan nilai-nilai kementerian keuangan; 4. Mempunyai semangat bekerja yang positif sepanjang waktu. “Pemimpin yang paling dekat dengan kita adalah diri kita sendiri” jelas Iwan mengenai hal yang paling fundamental dalam kepemimpinan. Selain materi mengenani kepemimpinan para peserta juga diajak untuk bermain games yang dapat melatih konsentrasi dan kerjasama diantaranya permainan membuat lingkaran dari selembar kertas dimana seluruh anggota kelompok yang terdiri dari beberapa orang dapat masuk kedalamnya serta permainan merangkai puzzle.   
Hari kedua pelatihan, materi yang diberikan adalah motivasi diri. Iwan Pramana menyampaikan bahwa hal-hal positif yang selalu kita pikirkan, ucapkan dan lakukan secara rutin dan terus menerus akan berdampak positif juga dalam kehidupan sehari-hari. Pada pelatihan hari kedua ini para peserta juga diberikan tugas untuk menuliskan dan membacakan impiannya masing-masing, serta menghubungkan impian-impian tersebut dengan peningkatan kinerja dan pelayanan di KPKNL Gorontalo. Impian tersebut juga dituangkan dalam bentuk kolase dari potongan gambar atau tulisan majalah yang dibagikan. Diakhir pelatihan tiap-tiap kelompok diminta untuk mempersentasikan kolasenya masing-masing. 

Adapun pelatihan ini merupakan kelanjutan program personality enhanchement KPKNL Gorontalo yang juga pernah melaksanakan pelatihan bekerjasama dengan Mandiri University 13-14 Mei 2014 yang lalu dengan pemateri Kartika Yogiarti. Dalam pelatihan tersebut pegawai KPKNL Gorontalo diberikan materi mengenai Service Excellence dan Interpersonal Skills yang meliputi sikap, kemampuan dan penampilan serta handling complain communication yaitu teknik menghadapi keluhan dan sikap menghadapi keluhan. Pelatihan dilakukan tidak hanya melalui games yang menginspirasi peserta, namun lebih dalam peserta diajak berpraktek langsung agar melakukan pelayanan prima (service excellence) kepada stake holder yang memiliki beragam karakter dan tuntutan. (Teks: R. Mohamad Syahril Supriyadi, Foto : R. Mohamad Syahril Supriyadi)
Sumber : https://www.djkn.kemenkeu.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar