MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Senin, 18 Agustus 2014

SHARING OF KNOWLEDGE PENILAIAN KPKNL GORONTALO (Hasil Penilaian harus Akurat)

Gorontalo - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo Rabu (13/8/2014) melaksanakan Pengarahan dan Sharing Of Knowledge Penilaian untuk meningkatkan kemampuan Penilai. Seksi Penilaian melaksanakan kegiatan ini di Aula KPKNL dan seluruh pegawai KPKNL mengikutinya.
Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto mengawali dengan pengarahan mengenai persiapan menghadapi lomba kantor percontohan. Catur menegaskan bahwa hasil kerja keras seluruh pegawai KPKNL Gorontalo selama ini supaya dapat dipertahankan. Hal-hal yang masih kurang harus segera diperbaiki sebelum penilaian lomba Kantor percontohan sekitar bulan September 2014.


Selain itu kepala kantor juga melakukan evaluasi kesiapan masing-masing seksi dalam menghadapi lomba kantor percontohan seperti kebersihan, keindahan lingkungan kerja, penataan arsip dan budaya kerja. Kepala KPKNL Gorontalo berpesan bahwa seluruh pegawai harus dapat melaksanakan apa yang menjadi program unggulan dan meningkatkan kinerja serta pelayanan publik. Pengarahan ini ditutup dengan saran dan masukan dari pegawai.

Selanjutnya Kurniawan Catur menyampaikan bahwa KPKNL melakukan sharing of knowledge untuk menyamakan persepsi dan menambah pengetahuan pegawai khususnya Penilai di KPKNL Gorontalo. Menurut Catur masih terdapat beberapa kesalahan pemahaman maupun penerapan tata cara penilaian menggunakan Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) yang perlu diperbaiki. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menurunkan kualitas dari hasil penilaian Tim Penilai di KPKNL Gorontalo. Penilai tidak cukup hanya memindahkan apa yang ada dalam DKPB ke laporan penilaian tanpa memahami asal angka-angka DKPB tersebut. Dengan pemahaman DKPB secara mendalam, maka di lapangan Penilai akan tahu bagaimana melakukan penyesuaian secara benar. Dengan demikian penilai menghasilkan nilai yang akurat  sesuai dengan harga yang ada di pasaran.


Kurniawan Catur juga mengingatkan mengenai penentuan kategori bangunan dan penyesuaian dalam penilaian bangunan serta bedah DKPB. Sesi ini menampilkan salah satu contoh kasus penilaian objek berupa bangunan milik Pemprov Gorontalo yang memiliki kondisi yang tidak umum. Dengan demikian Penilai perlu melakukan penyesuaian. Kepala KPKNL menutup sharing of knowledge dengan tanya jawab seputar permasalahan penilaian yang ada di KPKNL Gorontalo. (Teks & Foto : R. Mohamad Syahril Supriyadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar