MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Rabu, 23 Desember 2015

BMN AWARDS DAN PENYERAHAN SERTIPIKAT BMN BERUPA TANAH KPKNL GORONTALO

Gorontalo - Suasana salah satu hotel terkenal di Gorontalo tampak meriah dan megah dengan dekorasi yang elegan dan pencahayaan yang apik, sehingga sangat kental dengan suasana gala dinner sebuah acara award. Disinilah diselenggarakan acara Refleksi dan Penganugerahan Barang Milik Negara Awards  Pengelolaan  BMN Tahun 2014 dan Penyerahan Sertifikat Tanah BMN Program Sertifikasi tahun 2015 oleh KPKNL Gorontalo. Lebih dari 70 tamu undangan yang terdiri dari pimpinan/perwakilan Kantor Kementerian Keuangan, Kantor Pertanahan serta satuan kerja (satker) yang berada di wilayah Provinsi Gorontalo hadir dalam acara ini. Tampak juga beberapa wartawan dari berbagai media televisi seperti TVRI dan Mimoza TV serta media cetak seperti Gorontalo Post dan Radar Gorontalo serta RRI datang untuk meliput acara tersebut.
Acara diawali dengan persembahan tarian selamat datang oleh Sanggar Tari Dulohupa. Tarian selamat datang sebagai bentuk penyambutan kepada tamu dibawakan dengan kreasi yang apik dan menawan, bahkan menampilkan atraksi-atraksi ala cheerleader dan balet ala eropa yang mengesankan seluruh tamu undangan. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” oleh seluruh hadirin. Selanjutnya, menyanyikan lagu “Mars DJKN” yang dibawakan oleh Paduan Suara “Gorontalo Inovasi”. Gorontalo Inovasi merupakan paduan suara asal Gorontalo yang memiliki banyak prestasi baik tingkat nasional dan internasional.
Dalam laporannya, Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto menyampaikan BMN Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada satker di wilayah kerja KPKNL Gorontalo yang telah melaksanakan pengelolaan dan penatausahaan dengan baik selama tahun anggaran 2014. Pemberian apresiasi didasarkan pada evaluasi dan kinerja yang dilaksanakan secara terukur dengan kriteria tertentu sesuai arahan dari Kanwil DJKN Suluttenggomalut.
Berikutnya adalah sambutan oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Mahmudsyah. Dalam sambutannya Mahmudsyah menyampaikan pemberian apresiasi pengelolaan BMN merupakan upaya pembinaan yang diberikan guna terus mendorong seluruh satker untuk terus meningkatkan kinerjanya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Misi DJKN untuk mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran dan efektifitas pengelolaan kekayaan negara. “Kami harapkan, para penerima penghargaan nantinya dapat menjadi teladan serta menginspirasi satker lainnya untuk terus meningkatkan diri dalam hal pengelolaan kekayaan negara,” ujarnya.
Acarapun masuk pada puncaknya, yaitu pembacaan nominasi serta pemenang penghargaan BMN Awards. Ada sesuatu yang unik serta berbeda dengan konsep acara BMN Award kali ini. Mengadopsi konsep award seperti dalam acara tv komersial,  kali ini pembacaan nominasi dan pemenang bukan oleh MC, tetapi oleh Kepala Seksi di KPKNL Gorontalo dengan pasangannya masing-masing yaitu Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Novan Prihendarto yang membacakan kategori Pengelolaan dan Wasdal, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto yang membacakan kategori Penatausahaan dan Sertipikasi serta Kepala Seksi Piutang Negara Mulyo Budi Cahyono yang membacakan kategori Continuous Improvement. Tak hanya membacakan nominasi, pembaca nominasi juga terkadang berinteraksi dengan hadirin ataupun melemparkan joke yang mampu mencairkan suasana serta memancing tawa hadirin sehingga acara terasa menarik dan tidak membosankan. Piagam penghargaan dan plakat diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Mahmudsyah didampingi oleh Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto dan dirangkai dengan foto bersama. Berikut daftar penerima penghargaan BMN Award :
a. Kategori Pengelolaan dan Wasdal
Terbaik I : BKKBN Provinsi Gorontalo
Terbaik II : MIN Hepuhulawa
Terbaik III : MIN Parungi
b. Kategori Penatausahaan dan Sertipikasi
Terbaik I : Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango
Terbaik II : Badan Pusat Statistik Kab. Boalemo
Terbaik III : Pengadilan Negeri Tilamuta
c. Kategori Continuous Improvement
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo
Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis sertifikat tanah BMN yang termasuk pada program sertifikasi berupa tanah BMN tahun 2015. Selama tahun anggaran 2015 ini, telah berhasil sertifikasi sebanyak 39 bidang tanah dan 11 bidang tanah dalam proses penyelesaian. Sertifikat tanah secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan kepada satker. (Teks & Foto : HI KPKNL Gorontalo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar