MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Jumat, 30 Oktober 2015

DJKN GOES TO CAMPUS DAN LELANG AMAL KPKNL GORONTALO

Gorontalo - Kamis, 22 Oktober 2015 bertempat di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo diselenggarakan acara DJKN Goes to Campus dan Lelang Amal KPKNL Gorontalo. Acara yang mengambil tema “Peran Strategis Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Perekonomian Indonesia” ini dihadiri oleh 400 undangan yang terdiri Pejabat Instansi Vertikal maupun Pemerintah Daerah di Propinsi Gorontalo serta Dosen dan Mahasiswa dari 6 Universitas yaitu Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Gorontalo, STIA Bina Taruna Gorontalo, Universitas Ichsan, STAIN Sultan Amai Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo.
Acara diawali dengan Laporan Kegiatan oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Mahmudsyah. Dalam laporannya Mahmudsyah menyampaikan bahwa kegiatan DJKN Goes to Campus  bertujuan untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara kepada masyarakat khususnya kalangan Civitas Akademika. Dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Syamsu Qamar Badu. Rektor UNG menyampaikan bahwa DJKN Goes to Campus merupakan sarana edukasi bagi Mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai tugas dan fungsi instansi pemerintah khususnya di bidang kekayaan negara. Materi yang disampaikan nantinya dapat dijadikan bahan peneilitian maupun skripsi bagi mahasiswa.
Acarapun berlanjut dengan penandatanganan MoU antara pihak DJKN yang diwakili oleh Kakanwil DJKN Suluttenggomalut Mahmudsyah dan pihak Universitas Negeri Gorontalo yang diwakili oleh Rektor UNG. Adapun isi dari MoU tersebut meliputi pembentukan State Asset and Auction Corner (SAAC) di Universitas Gorontalo yang dimaksudkan sebagai media pembelajaran mahasiswa untuk memperkenalkan tusi DJKN dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian tentang Kekayaan Negara dan Lelang kepada masyarakat.
Selain itu KPKNL Gorontalo akan diberikan kesempatan melakukan pengajaran dan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melakukan KKS (d.h KKN). Dengan menggandeng mahasiswa yang akan melakukan KKS, akan mempertajam efektifitas sosialisasi kepada masyarakat tentang tusi DJKN khususnya untuk mengenalkan lelang dan memahami animo masyarakat. Penandatangan MoU ini dirangkaikan dengan penyerahan cinderamata oleh kedua belah pihak.
Acara berikutnya adalah penayangan video profil DJKN dan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Tim Kantor Pusat DJKN yang terdiri dari Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN Tavianto Noegroho, Kepala Seksi KND IIB Dit KND Romy Marcandi dan Kepala Seksi BMN IID Dit. BMN Yoni Ardianto. Materi kuliah umum yang disampaikan meliputi struktur organisasi, tugas dan fungsi DJKN, serta penjelasan umum mengenai kekayaan negara yang dimiliki dan dipisahkan. Kuliah umum ditutup dengan tanya jawab. Terlihat antusiasme mahasiswa dalam sesi tanya jawab kali ini.
Selain memperkenalkan tusi DJKN, pada acara DJKN Goes to Campus kali ini dilaksanakan pula Lelang Amal yang selain bertujuan memperkenalkan tata cara pelaksanaan lelang, KPKNL Gorontalo juga mengusung misi Institution Social Responsibility (ISR)  di mana hasil dari lelang tersebut akan disumbangkan kepada lembaga sosial dan pendidikan yang membutuhkan. Adapun barang-barang yang dilelang sebanyak 27 lot antara lain TV LED 32 Inch, Sepeda Gunung, Hardisk Eksternal 1 TB, Jam Tangan, Kamera Saku serta barang-barang lain yang tentunya murah serta menarik. Pelaksanaan simulasi lelang amal yang dipandu oleh Triyanto Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Gorontalo berjalan seru dan menarik. Pada saat barang-barang ditawarkan, peserta dengan semangatnya menawar barang yang diinginkan sehingga terjadi persaingan ketat antara peserta. Semua barang yang ditawarkanpun laku terjual dengan harga yang cukup tinggi.
Selesai acara, dilakukan kunjungan sekaligus peresmian State Asset and Auction Corner (SAAC) oleh Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tavianto Noegroho didampingi oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Mahmudsyah, Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto dan Dekan Fakultas Ekonomi UNG.(Penulis/fotografer:Humas KPKNL Gorontalo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar