MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Selasa, 23 April 2013

KPKNL GORONTALO MENGADAKAN LELANG KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DAN BECAK MOTOR (BENTOR)


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo bekerja sama dengan Balai Lelang Alto, telah melaksanakan lelang 144 unit kendaraan bermotor roda dua berbagai merk dan 4 unit becak motor (Bentor). Lelang tersebut dilaksanakan pada Hari Selasa, tanggal 23 Maret 2013, bertempat di Gedung Nasional, Jalan Merdeka No.49 Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo.

Pelaksanaan lelang kali ini dipimpin oleh Pejabat Lelang Triyanto, Sarjana Hukum, Magister Managemen, yang sekaligus sebagai Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Gorontalo.
 Penawaran lelang dilakukan dengan sistem penawaran lisan naik-naik, dan setiap peserta lelang diwajibkan menyetorkan uang jaminan lelang sebesar Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk setiap unitnya sebelum pelaksanaan lelang. Dengan uang jaminan Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah), peserta lelang dapat mengajukan penawaran lelang berkali-kali sepanjang belum ditunjuk sebagai pemenang lelang.
Masyarakat cukup antusias untuk mengikuti lelang, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya jumlah peserta lelang. Antusiasme masyarakat disebabkan  karena lelang kendaraan bermotor roda dua yang dilakukan oleh Balai Lelang Alto dan KPKNL Gorontalo untuk tahun 2013 baru pertama kali dan menurut beberapa peserta lelang kendaraan tersebut nantinya untuk stok toko, karena stok kendaraan mereka  tinggal sedikit.
Pada pelaksanaan lelang kali ini pokok lelang yang didapat sebesar Rp.540.000.000,00 dari harga limit sebesar Rp. 465.200.000,00 dan Bea lelang pembeli 2 % sebesar Rp.10.800.000,00 serta Bea lelang penjual 1,5 % sebesar Rp.8.100.000,00. Adanya kenaikan tarif Bea lelang pembeli dari 1 % menjadi 2 % sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 2013, secara signifikan tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk mengikuti lelang kendaraan bermotor roda dua.
Menurut Sugeng selaku staf Balai Lelang Alto wilayah Manado, lelang kendaraan tidak hanya kali ini saja namun akan dilanjutkan bulan-bulan berikutnya, karena masih banyak  kendaraan bermotor roda dua digudang yang siap untuk dilelang. Balai Lelang Alto juga sedang berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pembiayaan yang lain agar bisa melaksanakan lelang kendaraan secara bersamaan.
Menurut Kepala KPKNL Gorontalo, Wahyu Purnomo, dengan adanya lelang kendaraan yang diadakan oleh Balai Lelang Alto, hasilnya sangat berpengaruh terhadap capaian target lelang KPKNL Gorontalo yang telah ditetapkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera diadakan lelang kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat lagi sehingga target lelang tahun 2013 dapat segera tercapai.    

(Yulianto,Seksi HI KPKNL Gorontalo)


2 komentar:

  1. Balasan
    1. salam manis buat pak wahyu, pak yuli, pak altof,pak hamzah, pak rio, pak arifin, mas dimas, ibu sekretaris.

      Hapus