MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Kamis, 23 April 2015

JUMAT PENUH SEMANGAT DAN BERMANFAAT

Gorontalo - Saat matahari baru saja memancarkan sinarnya di pagi yang cerah, guna menjaga stamina dan kebugaran fisik, seluruh pegawai KPKNL Gorontalo mengawali kegiatan dengan senam bersama bertempat di halaman belakang KPKNL Gorontalo (Jumat 17 April 2015). Dengan penuh semangat setiap gerakan senam yang dibawakan oleh instruktur diikuti oleh seluruh peserta. Usai  senam, beberapa pegawai ada yang melanjutkan dengan bermain futsal dan ada juga yang langsung menyantap menu sarapan sederhana yang disediakan. Semangat kebersamaan antara pegawai sangat terasa dalam momen ini.
Rangkaian kegiatan pada hari jum’at kali ini dilanjutkan dengan briefing oleh Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto. Bertempat di Aula KPKNL Gorontalo, briefieng kali ini membahas tentang kesiapan KPKNL Gorontalo untuk mengikuti lomba kantor yang melaksanakan implementasi Pengarus Utamaan Gender (PUG) di Lingkungan Kementerian Keuangan dimana KPKNL Gorontalo dipercaya untuk mewakili DJKN. Catur menyampaikan bahwa pada dasarnya KPKNL Gorontalo telah menjalankan prinsip-prinsip PUG, hanya perlu beberapa penambahan dan perbaikan. Hal itu dapat dilihat dengan adanya fasilitas-fasiltas yang telah tersedia seperti nursery room, tempat bermain anak, serta keperluan khusus wanita yang telah tersedia di toilet. Dari segi beban kerja KPKNL Gorontalo juga telah menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan gender, hal ini dibuktikan dengan adanya satpam wanita serta pegawai wanita yang diberikan beban kerja yang sebanding dengan pegawai pria yang ada. Hal ini memicu para pegawai wanita untuk bersaing secara positif dalam meningkatkan kinerjanya dan terbukti juga dengan pernah terpilihnya pegawai wanita sebagai Employee of the month. Selain itu, pegawai wanita juga diberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri dengan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti diklat yang ada.
Briefing ditutup dengan pengumuman Employee of the month. Pegawai yang terpilih pada periode bulan Maret 2015 adalah Oldrey Elfianus Gasah pelaksana pada seksi pelayanan penilaian. Oldrey merupakan pegawai yang memiliki nilai tertinggi untuk periode bulan maret dari aspek penilaian sikap, kinerja, disiplin serta penampilan. Ini merupakan pertama kalinya Oldrey terpilih sebagai employee of the monthsehingga tergambar bahwa setiap bulannya terjadi persaingan yang ketat untuk memperebutkan predikat tersebut. Pegawai termotivasi karena selain apresiasi dari seluruh pegawai serta pemajangan foto di APT dan website selama sebulan, pemenang Employee of the month juga mendapat piagam penghargaan yang diarsipkan di SIMPEG kepegawaian sehingga menjadi rekam jejak positif dalam karir kepegawaiannya. Setelah penyerahan piagam penghargaan, foto bersama dan pemberian ucapan selamat, acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama serta pakta integritas.
Kegiatan selanjutnya adalah pelaksanaan capacity building yaitu mencakup tes kepribadian yang diikuti oleh seluruh pegawai. Setiap pegawai diminta untuk mengisi quiz berupa pertanyaan-pertanyaan yang menggambarkan kepribadian/karakter masing-masing. Adapun hasil dari quiz tersebut akan dimasukkan ke dalam database kepribadian pegawai dimana KPKNL Gorontalo merupakan satu-satunya kantor pelayanan yang memiliki database kepribadian internal. Tujuan dibentuknya databasekepribadian yaitu :
1. Agar para pegawai saling mengenal karakter masing-masing sehingga tahu cara berinteraksi antara satu sama lain;
2. Untuk pimpinan dapat dijadikan sebagai bahan pembinaan/coaching terhadap pegawai, karena tipe karakter pegawai yang berbeda-beda membutuhkan treatment/penanganan yang berbeda-beda pula;
3. Sebagai bahan pertimbangan pimpinan untuk pembentukan tim kerja agar terjalin kerja sama yang efektif dan solid.
Rangkaian kegiatan ditutup dengan internalisasi lelang email dan internet yang dibawakan oleh Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Gorontalo. Adapun materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto ini membahas tentang tata cara pelaksanaan lelang email dan internet. Triyanto menjelaskan bahwa tujuan internalisasi ini adalah untuk mempertajam pengetahuan seluruh pegawai sehingga jika pengguna jasa layanan lelang memerlukan informasi tentang lelang email dan internet, seluruh pegawai dapat menjelaskannya secara tepat. (Penulis & Foto: Humas KPKNL Gorontalo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar