MATODUWOLO TO KPKNL GORONTALO

Rabu, 27 Mei 2015

SERBA SERBI DI SELA KUNJUNGAN MENTERI KEUANGAN R. I DI GORONTALO

(Jalin Hubungan Positif dengan Media, KPKNL Gorontalo Ciptakan Image Positif Organisasi)

Gorontalo - Tepat pukul 13.00 WITA Menteri Keuangan RI Bambang P Brodjonegoro didampingi Ketua Komisi XI dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadel Muhammad beserta rombongan tiba di Bandara DJalaludin Gorontalo yang disambut langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim dan seluruh jajaran Pejabat Kementerian Keuangan yang ada di Provinsi Gorontalo.
Dengan tarian “Tidi Lo’o Ayabu”, Menteri Keuangan yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di “Bumi Hulonthalo” disambut secara adat sebagai penghormatan kepada tamu.
Kunjungan Menteri kali ini memiliki agenda yang padat dengan waktu yang sangat singkat hanya satu hari sehingga diperlukan gerak cepat dari panitia lokal. Dalam momentum ini, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo yang mewakili Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) turut berperan aktif dan mendapatkan kepercayaan untuk mengkoordinir kegiatan wartawan dalam hal peliputan serta publikasi. Dalam hal ini wartawan dipastikan harus mendapatkan akses yang mudah untuk menjangkau titik-titik kegiatan serta bergerak cepat mengikuti kunjungan Menteri yang padat.
“Kita harus bisa menyesuaikan aturan protokoler yang ekstra ketat dan wajib diterima secara legowo oleh wartawan. Misalnya, wartawan harus tetap berada dalam satu kelompok, penempatan posisi pengambilan gambar pada saat kegiatan dan jumpa pers, kesigapan untuk kembali ke kelompok, dan jangan lupa untuk tetap memakai tanda pengenal,” pesan Kepala KPKNL Gorontalo Kurniawan Catur Andrianto kepada awak media.
Di lapangan pengorganisasian media ditangani langsung oleh Kasie Hukum dan Informasi KPKNL Gorontalo Yulianto dan dibantu oleh Evendi Antogia serta Siti Nuzlan Rahman “No’u Gorontalo” sebutan untuk Putri Gorontalo yang saat ini merupakan frontliner KPKNL Gorontalo. Kedekatan Putri Gorontalo dengan dunia pers dan broadcasting sangat membantu KPKNL Gorontalo dalam memperkenalkan tugas dan fungsi DJKN kepada media. Beberapa kebutuhan serta perlengkapan  peliputan telah dibagikan sebelumnya. Hal ini memberi kesan layanan yang hangat, ramah serta humanis terhadap frontline KPKNL Gorontalo sehingga terjalin keakraban yang baik dengan media.
Sebagai informasi, media cetak dan elektronik yang ikut dalam peliputan kunjungan Menteri kali ini adalah TV One, Metro TV, MNC TV, Trans Corp, ANTV, TVRI, BALI TV, RTV beberapa wartawan media lokal di antaranya Mimoza TV, GP TV, Gorontalo Post, Antara News, RRI, Elshinta, Kharisma, Radio Suara Hulonthalo. Beberapa wartawan memiliki kesan tersendiri terhadap pelayanan dan pengorganisasian pada saat peliputan. “Pemilihan lokasi khusus wartawan, alokasi waktu yang cukup bagi wartawan serta kebebasan mengakses informasi dari Menteri itu yang sangat kami butuhkan disamping konsumsi dan akomodasi. Dan baru kali ini kegiatan peliputan menteri dilakukan mobilisasi wartawan dimana panitia menyediakan satu mobil khusus pers,” ujar Maman wartawan TV One menyatakan kepuasannya.
Kunjungan kerja Menteri Keuangan hari berikutnya tepat pukul 08.30 WITA, rombongan bergerak menuju Lokasi Kantor Bupati Bone Bolango. Menteri Keuangan RI disambut oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang sekaligus membuka acara sosialisasi Dana Desa yang dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bone Bolango, seluruh camat, lurah, dan kepala desa, serta seluruh Badan Musyawarah Desa (BMD) se-Kabupaten Bone Bolango.
Dalam sambutanya Menteri Keuangan mengharapkan agar dana desa yang akan disalurkan nantinya dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan desa, dan wajib melaporkan penggunaan dana tersebut setiap bulan serta menjunjung asas tranparansi serta akuntabel. Pada agenda kegiatan kali ini wartawan diberikan akses lebih untuk dapat mewawancarai Menteri Keuangan RI yang dikemas dalam Jumpa Pers yang sebelumnya telah difasilitasi baik tempat, waktu serta ruangan yang akan digunakan.
Bertempat di ruang lobi Kantor Bupati Bone Bolango, Menteri Keuangan RI menyampaikan kepada pers tentang maksud dan tujuan alokasi dan penggunaan dana desa yang akan disalurkan di Provinsi Gorontalo, dan terjadi interaksi tanya jawab antara Wartawan salah satu harian TV Nasioanal dan Menteri Keuangan RI. Disesi akhir jumpa pers, Menteri Keuangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang telah ikut mensukseskan program pemerintah, dan agar menyampaikan laporan-laporan yang positif kepada semua lapisan masyarakat.
Diakhir kegiatan, sekembalinya Menteri Keuangan ke Jakarta, Biro KLI Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI meminta bantuan KPKNL Gorontalo untuk mengatur peliputan wawancara khusus bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Meski mendadak dan di luar agenda, dengan mengandalkan hubungan baik, permintaan wawancara disetujui, bahkan Bupati Bone Bolango secara khusus mengundang KPKNL Gorontalo dan KLI untuk makan malam bersama di Rumah Makan Mawar Sharon, sebagai tempat wawancara pada hari itu juga. Respon Bupati ini sangat berkesan bagi rekan-rekan KLI, dan ini semua tidak terlepas dari hubungan baik yang telah terjalin antara KPKNL Gorontalo dengan seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Propinsi Gorontalo selama ini. (Penulis: Evendi Antogia, Foto : Ramang Djamaludin/Humas KPKNL Gorontalo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar